28 Pramuka UIN Jakarta Bantu Kegiatan Jamnas X

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Pramuka UIN Jakarta foto bersama seusai pembukaan Jambore Nasional X dan peringatan hari Pramuka ke-55 di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8)

Pramuka UIN Jakarta putra dan putri foto bersama seusai pembukaan Jambore Nasional X dan peringatan hari Pramuka Indonesia ke-55 di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8)

Cibubur, BERITA UIN Online – Kegiatan Jambore Nasional X pramuka penggalang yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, resmi dibuka Presiden Joko Widodo, Minggu (14/8). Jamnas diikuti oleh sekitar 25.000 peserta dari seluruh Indonesia dan melibatkan sedikitnya 1.000 panitia, termasuk pramuka UIN Jakarta.

Ketua Dewan Racana Pandega Pramuka UIN Jakarta Mohamad Fadholi, Senin (15/8),  mengatakan, sebanyak 28 anggotanya saat ini ikut dilibatkan dalam kepanitiaan selama Jamnas yang berlangsung hingga 21 Agustus mendatang. Ke-28 pramuka tersebut bertugas di beberapa bidang kegiatan, baik fisik maupun non fisik. Para pramuka UIN Jakarta berasal dari berbagai fakultas dan jurusan serta masih aktif kuliah.

“Kebetulan perkuliahan masih libur, jadi kami bisa mengirimkan lebih banyak anggota untuk membantu panitia nasional,” katanya.

Selama kegiatan, kata Fudholi, pramuka UIN Jakarta bekerja secara penuh dalam beberapa bidang yang memerlukan penanganan khusus. Kegiatan tersebut di antaranya juga melibatkan orang dewasa atau pembina lainnya.

“Kami bekerja bersama dewan kerja cabang dan daerah di DKI Jakarta. Alhamdulillah, kami bersyukur dapat ikut berpartisipasi guna membantu menyukseskan kegiatan Jamnas ini,” ujar mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan semester 7 tersebut.

Jamnas pramuka digelar lima tahun sekali oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan lokasi yang berbeda di setiap penyelenggaraannya. Peserta Jamnas merupakan anak-anak usia antara 11-15 tahun atau usia penggalang. Kegiatan Jamnas tidak bersifat lomba melainkan lebih pada pengembangan minat, bakat, serta kreativitas anak. Penyelenggaraan kegiatan Jamnas tahun ini sekaligus memperingati hari Pramuka Indonesia ke-55. (ns)