2551 Peserta Ikuti SPMB PTAIN di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Sebanyak 2551 peserta akan mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam (SPMB PTAIN) 2012 di UIN Jakarta pada Selasa (19/6).”Sampai hari penutupan Sabtu, tanggal 16 Juni, peserta  yang ujian di UIN Jakarta sebanyak 2551 orang. Peserta seluruh Indonesia mencapai 54.602 orang,” ujar Ketua Panitia SPMB PTAIN UIN Jakarta Dr. Sumuran Harahap, MAg, MH., MSi, MM di ruang kerjanya, Kantor Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AUK), Senin (18/6).

Selain di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution, pelaksanaan seleksi juga akan digelar di beberapa tempat, yaitu di gedung Aula Madya, gedung ek Farmasi, gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), dan aula Student Center.

Pada SPMB PTAIN 2012 ini kuota yang tersedia di UIN Jakarta sebanyak 615 kursi. 11 fakultas yang berada di UIN Jakarta ikut serta dalam seleksi tersebut. Hanya satu  fakultas  yang tidak mengikuti seleksi, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran (FKIK).

Untuk mengetahui tempat ujian, sejak pagi para peserta berbondong-bondong datang ke UIN Jakarta. “Pak, dimana lokasi ujian SPMB besok. Saya ada di ruang 66. Di mana tempatnya?” tanya Siti Amaliyah (19).

Untuk memastikan tempat ujian, dara asal Tangerang yang memilih  tiga program studi (prodi) di UIN Jakarta, itu mengelilingi tempat-tempat yang dijadikan lokasi seleksi.

Hal serupa dilakukan Hanna Hanifa (18), gadis asal Bogor. Ia didampingi ibunya menyambangi UIN Jakarta untuk memastikan ruang lokasi ujian. “Pak saya ujian di ruang 42. Di mana tempatnya?” tanya dia.

SPMB PTAIN digelar secara serentak di 49 PTAIN, yang terbagai enam wilayah. Ujian dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB.  Terdapat lima materi ujian pada SPMB PTAIN, yaitu, pengetahuan umum, tes potensi akademik, pengetahuan keisalaman, IPA, dan IPS. (D. Antariksa/S)