254 Siswa MA, SMA, dan SMK Ikuti Sosialisasi SNMPTN

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Prof Dr Harun Nasution, BERITA UIN Online–Sebanyak 254 siswa/i MA, SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta, di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Depok, mengikuti sosialisasi pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Selasa (28/1/2013).

Pembantu Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Moh Matsna HS MA dalam penjelasannya kepada para peserta menjelaskan, hal yang penting bagi sekolah adalah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan benar dan lengkap. “Sekolah harus mengisi PDSS sesuai ketentuan yang dibuat pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, sosialisasi pengisian PDSS  hanya diperuntukkan untuk para kepala/wakil kepala sekolah, dan guru bimbingan dan konseling (BK). Namun, pada hari ini sosialisasi menyertakan para siswa, karena pada 1 Februari SNMPTN dimulai.

Menurut Kasubbag Pelayanan Informasi dan Humas, Feni Arifiani SAg MH, sosialisasi kepada para siswa/i kelas XII sangat penting. Alasannya, banyak di antara mererka yang mengerti tata caranya pengisian data siswa,” katanya.

Sebelumnya, terang dia, UIN Jakarta telah memberikan tata cara pengisian PDSS ke para pimpinan sekolah terkait pengisian data sekolah. “Tapi untuk tanggal 1 Februari, para siswa harus yang mengisi data mereka ke website SNMPTN (www.snmptn.ac.id). Jadi mereka sebelumnya harus dibimbing,” tambahnya.

UIN Jakarta menyelengarakan acara tersebut, karena pada 2013 ini banyak perubahan tentang SPMB, baik secara nasional maupun di UIN Jakarta sendiri. “UIN Jakarta melakukan kegiatan ini karena ada perubahan nama, cara, dan prosedur SPMB,” ujar Kasubbag Pelayanan Informasi dan Humas, Feni Arifiani, SH, MH.

Menurut Feni, beberapa perubahan SNMPTN 2013 dibanding pada tahun-tahun sebelumnya antara lain, SNMPTN 2013 ini hanya diperuntukkan bagi jalur penelusuran prestasi akademik saja dan siswa lulusan 2013. “Untuk jalur tulis namanya Seleksi Bersama Masuk PTN (SBM PTN),” tandas laki-laki berkaca mata ini sembari senyum. (Saifudin-M Furqon)