236 Peserta Lolos Program Duoble Degree

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

PPAT , BERITSA UIN Online--Sebanyak 236 orang diterima sebagai mahasiswa duoble degree UIN Jakarta dan Universitas Indonesia (UI). Dari jumlah tersebut, 66 orang diterima pada Program Studi  (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan sisanya diterima pada Prodi  Sistem Informasi dan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Program ini terselenggara atas kerjsama Fakultas Teknik UI (FTUI) dengan FST  dan FEB UIN Jakarta.  Dalam  pembelajarannya, mereka selama dua tahun akan kuliah di FTUI dan masa penyelesainnya di UIN Jakarta.

“Mereka akan mendapat dua gelar atau ijazah,”ujar Kasubbag Pendidkan dan Pengajaran (Dikjar) Bagian Akademik Drs MG Hasbullah MPd di ruang kerjanya, Gedung Pusat Pelayanan Administrsai Terpadu (PPAT), Kamis (2/8).

Seleksi penerimaan calon mahasiswa double degree ini dilakukan oleh pihak UIN Jakarta dan UI.  Untuk pelaksaan ujan akademis, disenggarakan oleh UI, sedangkan ujian wawasan keislaman diselenggarakan oleh UIN Jakarta.

Untuk test wawasan keislaman, mereka tidak hanya diuji soal membaca Alquran, tapi juga diuji menulis dan dikte (imla’) Arab, praktik ibadah dan sebagainya. “Ada juga test membaca Arab gundul,”sambuang Hasbullah.

Sebelumnya, program double degree ini hanya terselenggara atas kerjasama antara FST UIN Jakarta dengan FTUI. Namun, karena peminatan  program ini terkait dengan perbankan syariah, manajemen dan sistem teknologinya dan peminatnya juga bertambah, maka pada 2012 kerjasama diperluas dengan FEB.(D antariks/saifudin)