227 Mahasiswa Ajukan Beasiswa Bidik Misi 2013

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Kantor Kemahasiswaan, BERITA UIN Online–Sebanyak 227 mahasiswa mengajukan beasiwa Bidik Misi 2013. Pelamar terbanyak berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), yakni 43 orang.  Sedangkan pelamar terkecil berasal dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), yaitu hanya empat orang.

“Secara umum, pelamar terbanyak berasal dari fakultas-fakultas umum, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan fakultas lainnya,” ujar Staf Subbag Kesejahteraan Mahasiswa Bagian Kemahasiswaan Amelia Hidayat SPd di ruang kerjanya Kantor Kemahasiswaan, Kamis (19/9/2013).

Dijelaskannya, para pelamar beasiswa ini diwajibkan mengikuti sejumlah tes, antara lain tes psikologi dan wawancara. “Tes psikologi langsung dilakukan oleh Pusat Layanan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Jakarta,” katanya.

Sedangkan pelaksanaan wawancara dilakukan oleh masing-masing fakultas. Setelah itu, hasil tes psikologi itu akan digabungkan dan disaring dengan hasil wawancara. “Yang jelas tes beasiswa Bidik Misi 2013 lebih ketat,” tegasnya.

Seluruh fakultas yang berada di lingkungan UIN Jakarta berhak mengajukan beasiswa ini. Hanya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Program Kelas Internasional yang tidak ikut serta dalam program ini. “Ini karena beasiswa tak cukup untuk membayar SPP dan living cost mahasiswanya,” katanya.

Menurutnya, pada 2013 ini UIN Jakarta mendapatkan kuota Beasiswa Bidik Misi sebanyak 150 kursi. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini, selain dibebaskan dari kewajiban membayar uang kuliah, mereka juga mendapatkan uang saku. Uang tersebut harus digunakan untuk keperluan dan kegiatan belajar, seperti membeli buku dan akomodasi perkuliahan.

Amelia menambahkan, proses seleksi beasiswa sedang berlangusng, tapi pendaftarannya sudah ditutup. “Pengumuman hasil pelamar beasiswa Bidik Misi masih menunggu sleuruh hasil tes. Mudah-mudahan akhir September atau awal Oktober sudah bisa diumumkan,” harapnya.  (D antariksa/saifudin)