Bidikmisi 2017/2018

Gd. Kemahasiswaan, BERITA UIN Online— UIN Jakarta kembali memberikan beasiswa bidikmisi tahun akademik 2017/2018. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi (BIDIKMISI), serta dinyatakan lulus dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK), Pesantren, SMA, SMK dan yang sederajat (2 tahun terakhir).

Beasiswa diberikan kepada 203 orang mahasiswa baru yang telah dinyatakan lulus melalui lima jalur yang ada di UIN Jakarta. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UM-PTKIN dan SPMB Mandiri.

“Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan menerima beasiswa Bidikmisi, selanjutnya harus menyertakan print out bukti lulus masuk UIN Jakarta. Dan masiswa bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga atau instansi lainnya, juga tidak masuk dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT) 2,3,4 dan 5,” ujar salah seorang pegawai bagian kemahasiswaan Farah NH SSosI.

Di tempat berbeda, Kasubbag Administrasi Kemahasiswaan Budi Purwanti SPd mengatakan, UIN Jakarta memberikan beasiswa bidikmisi ini diperuntukan mahasiswa yang masuk kedalam UKT 1. Karena, mahasiswa yang masuk UKT 2,3,4 dan 5 adalah mahasiswa yang di anggap mampu secara ekonomi, sedangkanUKT 1 memang untuk mahasiswa yang kurang secara ekonomi.

“Proses dimulai dari seleksi berkas oleh tim di bagian kemahasiswaan, apabila dinyatakan lulus administrasi, dilanjutkan dengan interview,” tambahnya.

Sebagai catatan, pendaftaran beasiswa bidikmisi dapat dilakukan secara online mulai 9 Mei s.d 18 agustus 2017, di laman http://spmb.uinjkt.ac.idspmb/pmb.zul. Setelah itu, pendaftar menyerahkan berkas persyaratan ke bagian kemahasiswaan yang meliputi bukti lulus masuk UIN Jakarta, fotocopy ijazah/SKHU yang dilegalisir, Kartu Identitas (KTP/Kartu Siswa/SIM), Kartu Keluarga,  Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Bukti pembayaran listrik, bukti slip gaji orang tua, foto rumah, fotocopy raport SLTA dan sederajat semester 1-6, peringkat 10 besar di kelas, bukti prestasi non-akademik, dan pas foto 4 x 6 sebanyak empat lembar.

Sekadar informasi tambahan, beasiswa bidikmisi akan menanggung biaya perkuliahan selama delapan semester dan living cost, selain itu peserta juga mendapatkan fasilitas tempat tinggal (Ma’had Al Jamiah UIN Jakarta), dan mendapatkan  pembinaan secara berkala sesuai kurikulum dan sistem yang telah ditentukan Kepala UPT Pusat Ma’had Al Jamiah UIN Jakarta.

Informasi lebih lengkap terkait penerimaan beasiswa Bidikmisi 2017 dapat mengunjungi laman website UIN Jakarta www.kemahasiswaan.uinjkt.ac.id dan www.spmb.uinjkt.ac.id, atau dengan menghubungi panitia di nomor: 740-1925 ext 1841. (lrf/fnh)

 

Share This