160 Warga Mendapat Pengobatan Gratis

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Muhammad Nurdin

Gedung FKIK, UIN Online – Sebayak 160 orang warga Tangerang Selatan (Tangsel) mendapat pengobatan Operasi Katarak dengan gratis. Pengobatan cuma-cuma bagi warga digelar di Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta lantai satu, Sabtu (11/12). Acara tersebut dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter  ( BEMJ-PD ) UIN Jakarta.

Menurut ketua panitia Salwah, acara ini merupakan yang ketiga kalinya. Tujuannya untuk membantu warga yang tidak mampu membayar operasi katarak dan sebagai bentuk pengabdian calon dokter FKIK UIN Jakarta kepada masyarakat.

Berdasarkan data panitia, pasien yang datang tidak hanya dari Tangerang Selatan saja, tetapi dari berbagai daerah seperti Lampung, Sumatera, dan Jawa Barat.  Sedangkan untuk penggalangan dana dihimpun dari Persatuan Dokter Spesialis Mata (PDSM), Keluarga Muslim Pertamina (KMP), dan dari warga setempat.

Salwah menambahkan, persyaratan untuk memperoleh pengobatan gratis di antaranya, keluarga kurang mampu secara ekonomi, calon pasien  mempunyai surat keterangan tidak mampu yang diketahui oleh Kepala Desa/Pimpinan setempat, dan membawa foto copy surat atau kartu tanda pengenal.

“Kami bersyukur jumlah pasien yang terdaftar dari tahun ke-tahun meningkat, sehingga kami antusias ingin selalu membantu mereka. Di samping itu, pekerjaan ini kan sebagai ladang amal kebaikan, jadi harus ikhlas,” ujar ketua penitia. []