Hall SC, BERITA UIN Online—Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Batuttah (KMPLHK Ranita) UIN Jakarta, melakukan malam penggalangan dana untuk korban gempa Aceh. Bertempat di Hall Student Center (SC), Kamis (29/12).

Teknik penggalangan dana yang dilakukan KMPLHK Ranita diantaranya fundraising, penjualan baju layak pakai dengan harga terjangkau, baju GusDur sebagai tokoh nasionalis dan kemanusiaan, donasi keliling, hingga sistem pelelangan lukisan tokoh negeriyang semua keuntungannya didonasikan untuk korban gempa.

“Saat ini Ranita telah mengirimkan lima utusan untuk ikut membantu pemulihan korban bencana di Aceh, dan ditempatkan di Madrasah.Kami mash menerima para donatur yang ingin membantu saudara-saudara kita di Aceh. Dengan donasi yang ada, diharapkan nantinya dapat memulihkan aktivitas daerah dengan basis Islam terkuat di Indonesia,” ujar Ahmad Barqu Syudjai, Ketua Umum KMPLHK Ranita 2016-2017 kepada BERITA UIN Online.

Di hari dan tempat yang sama, tengah dilaksanakan Haul Gus Dur Ke-7, yang diadakan oleh Komite Haul Gus Dur yang beranggotakan UKM UIN Jakarta, dan organisasi Primordial lainnya.

Kembali ditambahkan Berpa (sapaan Barqu), dalam sambutannya mengatakan, bahwa kondisi Indonesia seperti saat ini, merindukan sosok Gus Dur sebagai guru,sekaligus tokoh yang mengusung toleransi antar sesamasekaligus tokoh kemanusiaan.

“Jadi, kegiatan penggalangan dana Aceh bertepatan dengan Haul Gus Dur ke-7 ini sangat sesuai, selain untuk mengenang jasa beliau juga menumbuhkan kembali semangat kemanusiaan dan persaudaraan,” tandasnya. (lrf/Laporan Ikhda)

Share This