13 Mei, SBMPTN Dibuka

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) se-Indonesia sepakat akan menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). SBMPTN adalah seleksi nasional PTN berupa ujian tulis dan atau keterampilan.

Pendaftaran kegiatan tersebut dimulai pada 13 Mei-7 Juni 2013. Sedangkan pelaksanaan ujian tulis digelar serentak pada 18-19 Juni 2013. Sementara ujian keterampilan dilaksanakan pada 20-21 Juni 2013.

Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana SBMPTN, Prof Akhmaloka PhD, peserta ujian jalur ini dapat memilih paling banyak tiga program studi (prodi). “Prodi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek (Sains dan Teknologi) dan Program Studi Kelompok Soshum (Sosial Humnaiora),” ujarnya sebagaimana dilansir laman http://www.sbmptn.or.id.

Dijelaskannya, peserta yang diperkenankan untuk mengikuti tes jalur ini adalah lulusan SMA, MA, SMK dan yang sederajat tahun 2013, 2012, dan 2011.

Seperti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) Ujian Tulis pada tahun-tahun sebelumnya, materi ujian SBMPTN 2013 terdiri atas Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Materi-matrei tersebut untuk semua prodi.

“Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika untuk peserta prodi Sanitek dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi, untuk peserta prodi Soshum,” tambahnya.

Bagi peserta SBMPTN dihimbau hati-hati ketika menjawab soal-soal ujian. Pasalnya, jika salah maka nilainya akan dikurangi 1 poin. “Tapi kalau satu benar, maka akan dapat 4 poin. Tidak dijawab nilainya nol,” imbuhnya.

Rektor ITB itu menambahkan, biaya keikutsertaan SBMPTN bagi peserta satu rumpun ilmu sebesar Rp 175.000,00. “Mereka yang memilih prodi campuran antara Sainstek dan Soshum membayar Rp 200.000,00,” tandasnya.

Informasi pilihan prodi tiap PTN dan informasi lainnya dapat dibaca pada laman resmi SBMPTN, yaitu pada situs: http://www.sbmptn.or.id. (Dewi Antariksa/Saifudin)