Seri Buku Ajar: Kalkulus

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Seri Buku Ajar: Kalkulus

Seri Buku Ajar: Kalkulus

Judul               : KALKULUS

Penulis            : Dra. Afidah Khairunnisa, S.Pd,M.Si

Penerbit          : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit   : cet. 1, Desember2015

Halaman         : X+ 226 Halaman

Eksistensi ilmu matematika dalam kehidupan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan keberadaan ilmu matematika sesuatu dapat dijelaskan menjadi lebih konkrit dan pasti. Salah satu objek kajian penting Ilmu matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kalkulus, dengan mempelajari kalkulus dapat memudahkan kita untuk mengenal pola kehidupan masyarakat serta pola-pola sengketa dan penyelesaianya yang sering terjadi baik dalam masyarakat sederhana maupun masyarakat yang sedang mengalami proses perkembangan dan pembangunan.

Pentingnya mempelajari ilmu kalkulus, berimplikasi pada penerapan kajian kalkulus dalam kurikulumnya, serta mewajibkan mempelajari kalkulus dalam pendidikan matematika. Seorang  ilmuan matematika tidak cukup hanya bergantung pada penjelasan pengajar sebagai orang yang ahli dalam bidangnya, namun menambah pemahaman diri tentang kajian kalkulus melalui sumber pustaka merupakan sesuatu yang dapat menunjang seorang ilmuan matematika dalam memperlajari kalkulus. Pada beberapa kasus ditemukan buku matematika khususnya yang membahas kalkulus memiliki penjelasan yang sukar dipahami, hal ini membuat hambatan bagi ilmuan matematika dalam memahami kalkulus.

Buku setebal 226 halaman ini di inisiasi oleh Dra.Afidah dan Khairunnisa,S.Pd.,M.Si membawa angin segar bagi ilmuan matematika. Khususnya mereka yang baru mempelajari kalkulus di bangku kuliah. Buku kalkulus yang di buat oleh Afidah dan Khairunnisa dapat menjadi bahan pustaka dan acuan bagi mahasiswa yang konsen di bidang matemtika. Buku ini memberikan banyak contoh-contoh dan ilustrasi kontekstual, sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh mahasiswa dan pembaca lainnya. Bab diuraikan secara berurutan yang terdiri tujuh bab dengan pokok bahasan BAB I Sistem Bilangan Real, BAB II Fungsi dan Grafik, BAB III Limit dan Kekontinuan, BAB IV Turunan Suatu Fungsi, BAB V Aplikasi Turunan, BAB VI Integral, BAB VII Penerapan Integral. Pada setiap bab terdapat uraian materi yang dilanjutkan dengan contoh soal sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang dibahas dengan baik dan diakhiri dengan latihan untuk memantapkan pemahaman mahasiswa. (sf-rdr/lrf)