10200 Peserta Ikuti SPMB Mandiri

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Sebanyak 10200 peserta Seleksi Penerimaan Mahaiswa Baru Mandiri (SPMB Mandiri) akan mengikuti ujian secara serentak di UIN Jakarta pada Rabu dan Kamis, 4-5 Juli 2012. Tempat pelaksanaan ujian akan digelar di 11 fakultas, Sekolah Pascasarjana, Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution, Aula Madya, Gedung Ex. Farmasi, Gedung Rektorat, dan aula Student Center.

Dari jumlah tersebut, terdapat 1144 peserta  berminat pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Kedokteran, 966 peserta memilih Prodi Perbankan Syariah, 777 orang memilih Prodi Akuntansi.

Selanjutnya terdapat  677 orang memilih Prodi Manajemen, 601 orang memilih Prodi teknik Informatika,  577 orang berminat pada Prodi Psikologi, dan 525 peserta berminat pada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pada kesempatan yang sama terdapat 468 peserta memilih Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 427 orang memilih Prodi Farmasi, dan 333 peserta memilih Prodi Hubungan Internasional.

Meski pelaksanaan ujian baru dilaksankan pada Rabu (4/7), sejak Selasa  pagi (3/7), sejumlah peserta ujian telah berbondong-bondong mencari tahu ruamg dan lokasi ujian. “Pak, saya ikut paket A. Katanya di ruang Auditorium Utama, dimana ruangannya?” tanya Syifa Fauziah, peserta asal Bekasi yang memilih Prodi PAI dan Tafsir Hadis.

Tidak hanya Syifa Fauziah yang ingin mengetahui lokasi ujiannya. Puluhan peserta lain juga menanyakan hal serupa.

Untuk persiapan pelaksanaan ujian, panitia telah menyediakan berbagai sarana-prasarana yang memadai guna mendukung ketertiban penyelenggraan ujian.

Bagi peserta difabel (cacat), panitia juga telah menyediakan tempat dan pengawas khusus yang siap membantu peserta ujian. “Lima petugas pembaca soal bagi peserta tunanetra sudah siap membantu peserta,” ujar Dra. Azizah MM, petugas pembantu tunanetra.

SPMB Mandiri adalah ujian untuk masuk UIN Jakarta dengan dua pilihan prodi. Seleksi ini dillaksanakan langsung secara otonom oleh UIN Jakarta. Ujian Mandiri merupakan seleksi terakhir. jadi jika peserta gagal diterima pada seleksi ini, maka kesempatan untuk masuk diterima UIN Jakarta baru bisa dilakukan pada tahun depan. (D. Antariksa/S)