1.681 Peserta SNMPTN Diterima di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Sedikitnya 1.681 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diumumkan Panitia Pusat SNMPTN, Kamis (30/6), berhasil diterima di UIN Jakarta. Mereka diterima di 46 program studi (prodi) yang tersebar di sembilan fakultas.

Demikian siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Jumat (1/7). Seleksi jalur SNMPTN yang diikuti 54 perguruan tinggi negeri (PTN) dilakukan secara nasional pada 31 Mei hingga 1 Juni 2011. Berdasarkan data Panitia Pusat SNMPTN, dari 540.953 peserta yang mengikuti ujian tertulis/keterampilan tersebut, peserta yang lolos seleksi sebanyak 118.233 orang termasuk yang diterima di UIN Jakarta. Jumlah tersebut terdiri dari kelompok IPA sebanyak 56.856 orang dan kelompok IPS sebanyak 61.377 orang.

Siaran pers itu juga menyebutkan, dari total peserta yang diterima di UIN Jakarta, sebanyak 120 orang diterima di Prodi Psikologi Fakultas Psikologi. Jumlah tersebut merupakan kuota tertinggi dari 46 prodi yang ditawarkan melalui jalur SNMPTN. Kuota tertinggi lainnya diterima di Prodi Kesehatan Masyarakat serta Prodi Farmasi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan masing-masing sebanyak 100 orang. Sedangkan kuota terendah berada di Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak tiga orang.

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr Mohammad Matsna HS menyatakan, peserta yang berhasil diterima melalui jalur SNMPTN wajib melakukan daftar ulang di Bagian Akademik mulai 9-22 Agustus 2011. Peserta yang tidak mendaftar ulang dalam waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri. Selain itu mahasiswa baru juga wajib mengikuti kegiatan Program Pengenalan Studi dan Almamater (Propesa) pada 9-10 di kampus UIN Jakarta. (ns)