1.122 Peserta Ikuti SPMB PTAIN

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Adjri Septiani, Fauziah Mursid, Hilda Savitri

Kampus UIN Jakarta, BERITA UIN Online - Sebanyak 1.122 peserta mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB PTAIN) di Kampus UIN Jakarta, Selasa (7/6). SPMB PTAIN UIN Jakarta berlangsung di tiga lokasi berbeda, yakni di Gedung Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Gedung Aula Madya, dan gedung eks Jurusan Farmasi Fakultas Kedoketran dan Ilmu Kesehatan. SPMB PTAIN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diikuti oleh 52 PTAIN (UIN/IAIN/STAIN) di seluruh Indonesia, termasuk UIN Jakarta.

Kepala Bagian Akademik Drs Marzuki Mahmud MPd mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti ujian tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun lalu jumlah peserta SPMB PTAIN sebanyak 120 peserta. “Jumlah peserta SPMB PTAIN selalu meningkat setiap tahunnya. Ini menandakan minat calon mahasiswa baru terhadap PTAIN semakin tinggi,” jelas Marzuki.

Tahun akademik 2011/2012 ini kuota jalur SPMB PTAIN untuk UIN Jakarta sebanyak 1.095 kursi, tersebar di 50 program studi dan 11 fakultas. Sementara jumlah kuota masing-masing program studi rata-rata 30 kursi.

Ujian dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Saat ujian berlangsung, terlihat banyak peserta yang datang terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan. Materi yang diujikan pada ujian tersebut meliputi tes potensi akademik, tes pengetahuan dasar, tes wawasan keislaman, dan tes bidang studi IPA dan IPS.

Mayangsari, salah satu peserta yang berasal dari SMKN 28 Jakarta, mengaku cukup kesulitan dalam mengerjakan soal ujian, terutama pada soal bahasa Arab di materi tes pengetahuan dasar. “Dari materi yang diujikan saya merasakan kesulitan mengerjakan soal bahasa Arab karena saya berasal dari sekolah umum,” ujar Mayang.