HMPS Biologi Gelar Workshop Entrepreneurship

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi menggelar Workshop Entrepreneurship bertajuk “Open Your Mind to be a Young Entrepreneurship” di Ruang Teater FITK, Senin (10/4/2017). Hadir sebagai narasumber Founder Eco Bussiness Indonesia Edy Fajar Prasetyo.

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi menggelar Workshop Entrepreneurship bertajuk “Open Your Mind to be a Young Entrepreneurship” di Ruang Teater FITK, Senin (10/4/2017). Hadir sebagai narasumber Founder Eco Bussiness Indonesia Edy Fajar Prasetyo.

Ruang Teater FITK, BERITA UIN Online— Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi  FITK menggelar Workshop Entrepreneurship bertajuk “Open Your Mind to be a Young Entrepreneurship” di Ruang Teater FITK, Senin (10/4/2017). Hadir sebagai narasumber Founder Eco Bussiness Indonesia Edy Fajar Prasetyo.

Dr Yanti Herlianti MPd, Ketua Jurusan HMPS Biologi FITK, saat membuka workhsop mengatakan jika kegiatan bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa. “Diadakannya workshop kewirausahaan ini untuk membekali para mahasiswa agar memiliki keterampilan lain selain menjadi guru Biologi,” ujarnya.

Yanti menambahkan, jiwa wirausaha perlu dipupuk dan ditumbuhkan di kalangan mahasiswa sehingga mereka memiliki kemandirian hidup. Merujuk pada realitas sarjana lulusan perguruan tinggi kini, banyak mahasiswa yang kebingungan setelah lulus menjadi sarjana karena tidak diserap pasar.

Untuk itu, jika jiwa wirausaha sudah dipupuk, diharapkan para mahasiswa mampu membekali diri dengan kemampuan berwirausaha sehingga setelah menjadi sarjana siap berkarya di wilayah profesional masing-masing. Selain menopang kemandiriannya, jelasnya, kemampuan tersebut bisa membantu serapan tenaga kerja lainnya.

Ketua Pelaksana Workshop, Dessy Fatmawati, menambahkan jika workshop tersebut diwajibkan untuk mahasiswa Pendidikan Biologi semester empat. Kewajiban ini menyusul penggantian mata kuliah kewirausahaan yang sebelumnya diajarkan.

Senada dengan Yanti, Dessy mengatakan jika workshop bertujuan menumbuhkan jiwa enterprenuership di kalangan mahasiswa. “Kami mengadakan workshop ini bertujuan agar para mahasiswa Pendidikan Biologi tidak takut gagal untuk memulai usaha, dan mempunyai rasa percaya diri dalam beriwarausaha,” katanya.

Sementara itu, Fajar yang menarasumberi kegiatan mendorong perlunya para mahasiswa untuk berani terjun dalam dunia entrepreneurship. Menurutnya, kegagalan saat mencoba bukan satu hal yang harus ditakutkan.

“Justru dengan gagal, seharusnya kita bangkit kembali. Kegagalan demi kegagalan akan mematangkan mental kita sebagai seorang entreprenuer,” katanya. (Farah/yuni nurkamaliah/zm)