HMJ Pendidikan IPS Gelar Seminar Kesehatan

Gedung FITK, BERITA UIN Online – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (HMJ P.IPS) FITK menggelar Seminar Kesehatan bertajuk “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Wanita” di Gedung FITK, Jumat (21/4/2017).
Seminar yang dibuka Sekertaris Jurusan P.IPS Syaripulloh, M.Si ini, dihadiri oleh puluhan mahasiswa. Dalam sambutannya, Syarip mengapresiasi atas diselenggarakannya seminar ini. “Pasalnya, dapat mengingatkan kaum wanita agar menjaga kesehatan,” ujarnya.
Seminar yang dimoderatori oleh Hani Ayuningtyas menghadirkan tiga narasumber. Masing-masing, Ketua PSGA UIN Jakarta Rahmi Purnomowati, SP, M.Si, dokter RS UIN Syarif Hidayatullah dr. Budiningtyas, Sp.OG, dan Perwakilan Yayasan Kanker Indonesia Dr. Klara Kurnia.
Dalam paparannya Budiningtyas menjelaskan, dua penyakit yang sangat rentan diderita wanita, yakni kanker serviks dan payudara. Keduanya dipicu oleh pola konsumsi makanan yang tidak sehat dan perilaku seksual menyimpang.
Budiningtyas menambahkan, kanker serviks tidak pandang usia. Di Indonesia, setiap hari terdapat 20 orang meninggal dunia karena kanker serviks. Pengobatan dunia medis pada kanker stadium lanjut bukan untuk menyembuhkan secara total. Tetapi, hanya menekan terjadinya penyeberan. Terutama pada kanker ganas. Peran penting untuk mengatasinya adalah dengan pencegahan.
“Untuk mencegahnya, maka selektiflah dalam mengkonsusmsi makanan dan taatilah ajaran agama,” tandasnya. (Farah/zuhrotuluyun/yuninurkamaliah/zm)