HMJ Matematika Selenggarakan Olimpiade Matematika Se-Indonesia

Gd. Rektorat, Berita UIN Online—Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika FITK bakal menyelenggarakan Olimpiade Matematika (OPTIKA) XV se-Indonesia. Olimpiade diikuti dalam tingkat beragam, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Demikian disampaikan Ketua HMJ Matematika Lava Himawan kepada Berita UIN Online di Gedung Rektorat, Selasa (01/09). Menurutnya, kegiatan yang berlangsung sejak 12-20 September 2015 ini akan mengusung tema “Mencerahkan Dunia Dengan Prestasi Generasi Muslim Matematika”.

Dengan tema demikian, lanjutnya, kegiatan diharapmendorong madrasah-madrasah bisa menyelenggarakan pendidikan matematika yang cukup bersaing dengan sekolah menengah-sekolah menengah umum. “Kami ingin membumikan Matematika di madrasah-madrasah dan sekolah-sekolah Islam,” papar Lava lagi.

Untuk pelaksanaannya sendiri, sambung Lava, olimpiade ini akan dilaksanakan dalam lima tahap. Pertama, tahap penyisihan wilayah yang dilaksanakan di tiga belas wilayah seperti DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jambi, NAD, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Bali, Maluku dan Papua.

Tahap kedua, tahap penentuan tiga besar masing-masing wilayah. Tahap tiga, tahap penyisihan nasional. Tahap keempat, babak semifinal OPTIKA dan tahap kelima, Grand Final OPTIKA.“Babak semifinal dan final akan digelar langsung di UIN Jakarta,” terangnya lagi.

Kegiatan olimpiade ini sendiri akan merebutkan Piala Bergilir Presiden RI dan Piala tetap Menteri Agama RI. Peserta pemenang juga akan beroleh uang pembinaan. (TAM/LRF)