Gugup saat Wawancara Kerja? Ini Dia Tipsnya

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

159FEB, Berita UIN Online— Wawancara kerja adalah hal wajib dalam tahapan untuk bekerja di sebuah perusahaan atau instansi manapun. Namun,  kurangnya persiapan menjadi salah satu kendala yang cukup merepotkan. Di antaranya, gugup saat berhadapan dengan pewawancara. Oleh karena itu, persiapkan semua hal untuk menghadapi wawancara kerja.

Demikian disampaikan Chief Operation Officer atau COO TopCareer.id Mira Melani Alhasni saat menjadi narasumber pada seminar karir yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta bekerjasama dengan TopCareer.id, Kamis (27/4/2017) pagi, bertempat di Teater Lantai 2 Gedung FEB.

Mira menjelaskan, persiapan yang dilakukan harus serinci mungkin. Pasalnya, hal kecil yang terabaikan justru menjadi kendala saat menghadapi wawancara kerja. “Persiapan dimulai sejak kita berangkat dari rumah menuju tempat wawancara, kendaraan jenis apa yang akan kita gunakan, pakaian apa yang kita mesti kenakan dan barang apa saja yang mesti kita bawa,” katanya.

Agar berhasil, Mira juga menyarankan agar si calon mempelajari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut, hal itu bertujuan sebagai bentuk penghargaan untuk perusahaan. Selain itu, gunakan gestur tubuh yang sesuai dan tidak berlebihan.

“Bahasa tubuh penting untuk membantu kita saat berkomunikasi. Tapi jangan terlalu overaction, karena itu dapat membuat pewawancara merasa risih,” sarannya.

“Dan jika gugup mulai terasa, cobalah untuk rileks. Rapat dan genggam kedua tangan kita lalu jepit ibu jarinya. Pusatkan rasa gugup kalian ke ibu jari agar kita tidak kehilangan fokus pada saat wawancara,” tandas mantan finalis Abang None DKI Jakarta tahun 1995 itu. (Farah/Kemal Fahmi R/ZM)