FSH Gelar Pelatihan Kontrak Bisnis

Gd. FSH, BERITA UIN Online— Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Jakarta menyelenggarakan pelatihan kontrak bisnis bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dan Muamalat. Pelatihan tersebut diselenggarakan pada, Selasa-Rabu (21-22/03), bertempat di ruang teater lantai 2 FSH.

Hadir dalam pelatihan yang digelar hasil kerjasama dengan Muamalat Institute tersebut, dua orang narasumber, yaitu Fenti Ari damayanti SH MKn (Bank Syariah Mandiri), dan Ida Nur Aprida Idris SH MH (Bank Muamalat Indonesia).

Dalam pelaksanaannya, pelatihan yang bertujuan memberikan keterampilan Legal Officer atau Inhouse Lawyer  bagi mahasiswa di perusahaan atau lembaga keuangan syariah tersebut, peserta mendapatkan materi yang dibagi dalam 4 (empat) sesi. Sesi tersebut antara lain, tentang penyusunan kontrak bisnis dari aspek teori dan praktek, juga pendekatan hukum perdata dan syariah.

Secara umum, hari pertama narasumber memberikan poin-poin penting yang menjadi fokus pembahasan. Diantaranya, pengantar kontrak bisnis, tahapan, dan sumber hukum pembuatan kontrak bisnis perdata dan syariah.

Selain itu, diberikan pula materi tentang bagian-bagian utama dalam kontrak bisnis, pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

Sedang narasumber hari kedua, menyampaikan materi tentang langkah-langkah pembuatan dan penelaahan kontrak bisnis (langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan langkah akhir). Diberikan pula hal-hal yang wajib dikuasai oleh Inhouse Lawyer/Legal Officer dalam perusahaan dan lembaga keuangan syariah, serta latihan merancang dan merumuskan klausul-klausul dalam kontrak.

Kepada BERITA UIN Online, salah satu peserta mengatakan bahwa dirinya merasa tercerahkan dengan mengikuti acara tersebut. Ia berharap, aka nada pelatihan-pelatihan lain di kemudian hari dalam rangka menambah kemampuan dan keterampilan. (lrf)