FLAT Bahasa Gelar Festival Budaya Internasional

 

Salah satu pementasan budaya dari Flat Bahasa oleh mahasiswa UIN Jakarta pada ICFest ke-3 tahun 2015 lalu. (Foto: Dok Flat Bahasa)

Salah satu pementasan budaya dari Flat Bahasa oleh mahasiswa UIN Jakarta pada ICFest ke-3 tahun 2015 lalu. (Foto: Dok Flat Bahasa)

Student Center, BERITA UIN Online – Unit Kegiatan Mahasiswa Foreign Language Association (FLAT) Bahasa UIN Jakarta akan menggelar Festival Budaya Internasional (International Cultural Festival/ICfest) di kampus UIN Jakarta selama sepekan pada 8, 15, dan 17 September 2016. Festival yang digelar keempat kalinya ini menampilkan keragaman budaya dunia dari beberapa negara di Asia dan Eropa.

Menurut Ketua FLAT Bahasa Zaky Fakhruddin, ICFest tahunan ini merupakan ajang untuk memperkenalkan budaya dunia kepada masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa UIN Jakarta. Kegiatannya meliputi parade budaya, art performance, talkshow, bazar, dan informasi beasiswa luar negeri.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai keragaman budaya dunia, termasuk Indonesia, di samping menghormati budaya tersebut,” katanya kepada BERITA UIN Online di gedung Student Center, Jumat (1/9).

Selain itu, tambah Zaky, kegiatan ICFest tak lain sebagai upaya meningkatkan kesadaran tentang multicultural understanding untuk dunia, khususnya dalam mendukung tercapainya UIN Jakarta sebagai world class university.

Pada festival tersebut, panitia mengundang sejumlah perwakilan kedutaan besar negara asing di Jakarta, terutama atase kebudayaan dari negara-negara di Asia dan Eropa, guna menampilkan budaya masing-masing mereka. Untuk itu, sejumlah tempat sudah disiapkan, seperti di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Aula Madya, dan Student Center.

“Kebudayaan mereka (negara-negara asing, Red), seperti kuliner, seni, pakaian, dan bahasa, akan kita tampilkan semuanya dalam ICFest,” jelasnya. (ns)