FISIP dan Lingkar Pena Gelar Talk Show Tentang Cyber War

Aula Student Center, Berita UIN Online– Organisasi eksternal mahasiswa Forum Lingkar Pena bekerjasama dengan DEMA Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UIN Jakarta mengadakan Talk show dengan mengambil tema “Badan Cyber Nasional, Penjaga Kedaulatan Cyber NKRI”. Acara ini diselenggarakan pada hari jum’at, (26/ 6/2015).

Belakangan ini kita dikejutkan dengan tersebarnya berita bahwa kerahasiaan NKRI telah “dibajak” oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini yang menimbulkan kekhawatiran dan keprihatinan bagi kita tentang kerahasiaan negara ini yang sudah bocor. Oleh karena itu, dalam rangka merespon kejadian itu dibutuhkan upaya menjawab tantangan masa depan mempertahankan keamanan Nasional di era digitalisasi & cyber war.

Hadir dalam acara talk show sebagai narasumber antara lain, Dr Gun Gun Heryanto Msi (Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta/ Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute), Tantowi Yahya (Anggota DPR RI Komisi 1), dan Pratama Persada (CISSREC, ahli pengamanan Cyber), serta hadir sebagai moderator acara ini Jaka Lelana selaku praktisi Cyber.

Saat ditemui tim Berita UIN, Ketua Pelaksana talk show ini, Belda memaparkan bahwa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya bagi kesatuan Indonesia, apabila rahasia negara yang tidak sepatutnya diketahui pihak lain, kini sudah ‘bocor’.

“Kalau kerahasiaan negara kita sudah diketahui negara lain, maka menjadi hal yang tidak sulit untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan negara Indonesia ini.” jelas Belda.

Ia menambahkan, dengan diadakannya talk show ini diharapkan, dapat memberikan pemahaman bahwa pentingnya sikap kritis  kita sebagai pengguna fasilitas media untuk lebih berhati-hati dalam memaparkan kerahasiaan di media online yang dimiliki. (Risa /Luthfy R. Fikri)