FEB Kejar Kenaikan Status Jurnal Ilmiahnya

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Jurnal Signifikan FEB UIN Jakarta

Jurnal Signifikan FEB UIN Jakarta

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta berkomitmen mendorong peningkatan status jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkannya bisa mendapatkan akreditasi nasional-internasional. Peningkatan status dinilai sebagai jalan penting dalam mewadahi kebutuhan publikasi riset ekonomi para dosen-peneliti di lingkungan UIN Jakarta maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam lainnya.
Demikian disampaikan Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum FEB Dr. Ade Sofyan Mulazid MA saat berbincang dengan BERITA UIN Online, Selasa (9/08). “Ada kecenderungan kuat, terutama di lingkungan FEB sendiri, para dosen semakin berkompetisi dalam publikasi jurnal terakreditasi nasional-internasional. Menulis artikel ilmiah seperti menjadi ajang pembuktian semangat keilmuan mereka,” paparnya.
Kecenderungan demikian, sambungnya, makin menguat setelah rektorat UIN Jakarta memberlakukan kebijakan pengurangan beban mengajar dosen untuk memberi ruang bagi mereka melakukan penelitian. Bila sebelum kebijakan diberlakukan, energi para dosen-peneliti habis digunakan untuk mengajar di kelas.
Mengimbangi kecenderungan demikian, sebutnya, FEB mencoba mewadahi dengan mendorong tulisan para dosen-penelitinya dipublikasikan di jurnal terakreditasi nasional-internasional. “Dukungan penting yang kami berikan juga adalah bagaimana kita sendiri memiliki jurnal terakreditasi nasional-internasional,” terangnya.
Selain itu, sambung Ade, peningkatan status jurnal juga dilakukan FEB sebagai pembuktian komitmen fakultas dalam menciptakan iklim akademik bidang perekonomian di UIN Jakarta maupun perguruan tinggi keislaman Indonesia. “Kita memiliki banyak sumber daya ahli di bidangnya, tinggal bagaimana sumber daya tersebut difasilitasi sehingga FEB bisa menjadi leader di bidang keilmuan ini,” paparnya lagi.
Diketahui, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 36a/E/KPT/2017 tanggal 23 Mei 2016 mengakreditasi sejumlah jurnal ilmiah nasional. Tiga diantaranya dari UIN Jakarta, Jurnal Cita Hukum dan Jurnal Ahkam dari Fakultas Syariah dan Hukum, dan Jurnal Signifikan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (njs/zm/fa)