FDI UIN Jakarta Silaturrahim ke Pesantren Daar El-Qolam

Tangerang, BERITA UIN Online— Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta mengadakan kegiatan silaturahim sekaligus sosialisasi ke Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Pasir Gintung, Jayanti, Tangerang. Kegiatan dilaksanakan pada, Kamis (20/04).

Rombongan dar FDI yang berjumlah tujuh orang itu, dikomandoi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr Cahya Buana MA, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ahmadi Usman, MA, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Kepegawaian Dr. Asmawi, M.Ag, Sekretaris Program Studi Aida Humaira, MA, Fatihunnada, Lc, MA Dosen FDI, Arip Saripudin, S.Kom. tenaga IT, dan Yanto.

Kegiatan ini merupakan implementasi kerjasama Fakultas Dirasat Islamiyah dan Pondok Pesantren Daar El-Qolam tahun 2017. Sebelumnya pada hari Kamis, 9 April 2017 jajaran Pimpinan dan Pengurus Ponpes Daar El-Qolam telah terlebih dahulu mengunjungi FDI UIN Jakarta dan membahas kerjasama yang akan dijajaki oleh kedua belah pihak.

Setibanya di Pesantren Daar el Qolam, rombongan diterima langsung oleh Mudir al-Ma’had Drs KH. Ahmad Syahiduddin. Beliau mengapresiasi kunjungan FDI dan beliau berharap agar kerjasama yang akan dibangun selanjutnya dapat memberikan manfaat yang besar baik bagi FDI maupun ponpes Daar El-Qolam.

Masih menurut Ahmad Syahiduddin, bahwa Daar El-Qolam saat ini dibagi ke dalam 4 Ponpes, yaitu Daar El-Qolam 1, Daar El-Qolam 2, Daar El-Qolam 3, dan Daar El-Qolam 4 dengan jumlah santri secara keseluruhan 5.469 orang dan 437 guru.

“Masing-masing memiliki ke khasan dalam kajiannya. Daar El Qolam 4-lah yang akan melakukan kerjasama dengan FDI UIN Jakarta. Karena, di dalamnya terdapat kajian lebih jauh tentang keislaman,” pukasnya.

Menanggapi hal itu, perwakilan rombongan FDI yang diwakili oleh Dr Asmawi MA menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari Pesantren, dan berharap agar kerjasama ini bisa berlanjut sebagaimana pernah dibahas pada pertemuan sebelumnya.

Asmawi menegaskan, kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan keilmuan di kedua lembaga.

“FDI UIN Jakarta berkomitmen akan memfasilitasi kebutuhan Pesantren Daar El Qolam. Seperti, rekrutmen siswa berprestasi, keterlibatan dosen sebagai pendamping di pesantren. Serta, penerimaan alumni FDI sebagai tenaga guru di Pesantren, dan lain-lain,”ujarnya.

Sebagai informasi, pertemuan tersebut diakhir dengan sosialisasi FDI dan UIN Jakarta secara umum yang disampaikan oleh Dr Cahya Buana. Dalam pemaparannya, Cahya mengatakan bahwa ada kesamaan visi antar kedua lembaga yaitu pada tafaqquh fiddin.

Selain itu juga disampaikan tentang ciri khas FDI sebagai Fakultas yang berbasis bahasa Arab, hapalan al-Qur’an serta kurikulum yang diadopsi dari Universitas al-Azhar Kairo Mesir, dan sedikit menyinggung tentang capaian prestasi mahasiswa FDI UIN Jakarta. (lrf/cb).