Dubes AS Sampaikan Kuliah Umum di UIN Jakarta

159

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, menyampaikan kuliah umum di Auditorium Harun Nasution, Kampus I UIN Jakarta, Jalan Ir. H Juanda, Ciputat, Selasa (11/04).

Auditorium Utama, BERITA UIN Online—Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr, menyampaikan kuliah umum di Auditorium Harun Nasution, Kampus I UIN Jakarta, Jalan Ir. H Juanda, Ciputat, Selasa (11/04).

Selain memberikan kuliah umum di hadapan sedikitnya 500 mahasiswa dan jajaran sivitas akademika UIN Jakarta, kedatangannya juga bertujuan untuk melanjutkan kemitraan dengan UIN Jakarta, khususnya dalam bidang pendidikan.

Joseph yang hadir bersama rombongan, diterima langsung oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA di ruang kerjanya, Gedung Rektorat lantai II UIN Jakarta.

Selain itu, hadir pula para dekan, wakil dekan, para kepala biro, kepala bagian, kepala sub bagian, kepala lembaga, insan media baik cetak maupun elektronik, serta segenap sivitas akademika UIN Jakarta.

Mengawali kuliah umum, rektor memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Dubes (Duta Besar.red) beserta rombongan, dan beberapa tamu undangan yang turut hadir.

Dalam sambutannya, rektor mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut. Rektor berharap, dengan adanya pertemuan itu, mampu melanjutkan komitmen kerjasama antara UIN Jakarta dan pemerintah Amerika, terutama dalam peningkatan keilmuan dan riset.

“UIN Jakarta saat ini merupakan kampus yang patut diperhitungkan dalam menjalin kerjasama. Karena, UIN Jakarta selain masuk dalam daftar kampus Islam terbaik se Indonesia, UIN juga dikenal sebagai kampus yang menjunjung tinggi pluralisme, moderat, toleransi, serta tidak pernah berafiliasi dengan gerakan anarkis dan radikal pemecah persatuan,” jelas Guru Besar Metodologi Penelitian UIN Jakarta tersebut.

Di tempat sama, Dubes Amerika dalam pemaparannya mengatakan, bahwa dirinya terkesan melihat Indonesia yang memiliki banyak suku, agama, adat istiadat dan kebiasaan, namun tetap damai serta saling menghargai satu sama lainnya.

Dengan kunjungannya ke UIN Jakarta ini, mampu memperluas kerjasama yang telah lama terjalin secara alamiah. “Ke depan, kerjasama dalam dunia pendidikan ini kita lakukan dengan mengiatkan program pertukaran pelajar (Student Exchange), Visiting Profesor, dan kerjasama dalam pengembangan riset,” ujar mantan Direktur Utama Bagian Washington di American Institute in Taiwan tersebut.

Masih menurut Joseph, dirinya mengaku bangga terhadap Indonesia yang telah berkontribusi aktif di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan mengikutsertakan Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang terhimpun dalam Kontingen Garuda (KONGA) yang bertugas sebagai pasukan perdamaian dunia.

Sebagai informasi, dari press release yang diterima BERITA UIN Online tercatat, bahwa Joseph R. Donovan Jr resmi dilantik sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia sejak 4 November 2016.

Sebelum menjadi Duta Besar, ia menjabat beberapa posisi penting baik di pemerintahan maupun dunia pendidikan. Dirinya, memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Science in Foreign Service) dari School of Foreign Service, Georgetown University, sedang untuk gelar Master of Arts dia dapatkan dari U.S. Naval Postgraduate School. (lrf/usa)