Dua Anggota Teater Syahid Melawat ke Jepang

Gedung PKM, Berita UIN Online— Dua anggota UKM Teater Syahid UIN Jakarta, Ardylara Mayang Purnama dan Maksrul Sodiq Buhaeri, yang berproses di Teater Enjuku bakal dikirim magang ke Jepang akhir Maret hingga April mendatang. Selain itu, mereka juga dijadwalkan mementaskan lakon berjudul ‘The Legend of Lotus’ di dua pusat kesenian negeri Sakura.

Nani Yulianti, Pengurus Departemen Publikasi UKM Teater Syahid, kepada Berita UIN Online, Rabu (22/3/2017), mengungkapkan, lawatan kedua anggota Teater Syahid berlangsung sejak 27 Maret hingga 8 April mendatang. “Ini merupakan program pemagangan untuk menambah khzanah keilmuan berkesenian, khususnya teater,” katanya.

Dalam lawatannya, kedua anggota teater dijadwalkan melakukan pementasan The Legend Lotus di Edogawa Sogo Bunka Center, Tokyo, dan Matsuyama Shimin Kaikai, Ehime. Di Edogawa, pementasan berlangsung hari Jum’at, 31 Maret 2017, sedang di Matsuyama pementasan berlangsung pada Rabu, 5 April 2017.

Selain itu, kedua anggota teater juga berkesempatan mengikuti Spring Festival di Matsuyama dan mengunjungi gubernuran Ehime, Universitas Ehime, dan Teater Botchan. “Hasil kunjungannya nanti akan dipresentasikan ke seluruh anggota Teater Syahid, apa saja yang sudah didapat selama magang tersebut. Ini agar seluruh anggota dapat menyerap ilmu baru yang didapat,” tambahnya.

Sebagai informasi, Teater Enjuku merupakan kelompok teater berbahasa Jepang yang beranggotakan orang-orang Indonesa. Melalui kelompok teater yang berdiri pada 21 Januari 2009 ini, para mahasiswa Indonesia berlatih teater dan mementaskan naskah-naskah teater dari Jepang. (yuni nurkamaliah/zm)