Dr. A. Wahib Mu’thi MA Wafat

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Dr. A. Wahib Mu'thi MA

Dr. A. Wahib Mu’thi MA

Gd. Rektorat, BERITA UIN Online— Kabar duka kembali menghampiri sivitas akademik UIN Jakarta. Adalah Dr. A. Wahib Mu’thi MA, Dosen Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berpulang ke rahmatullah, Selasa dinihari pukul 01.00 WIB (19/07).
Informasi yang diterima BERITA UIN Online, Wahib meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Siloam, Tangerang, Banten. Jenazah selanjutnya disemayamkan di rumah duka, Sawangan Depok, dan dishalatkan di Mesjid Pondok Pesantren Bayt al-Qur’an, Pondok Cabe, Tangerang. “Kemudian jenazah akan diberangkatkan ke Purwokerto pada 10.00 WIB pagi,” catat informasi.
Telusuran BERITA UIN Online mencatat, Wahib semasa hidupnya merupakan dosen tetap Program Studi Manajemen Dakwah, FIDIKOM. Beberapa mata kuliah yang diampunya adalah Tafsir, Akhlak Tasawuf, dan Tafsir Literatur. Ia juga tercatat mengajar di Program Pascasarjana UIN Jakarta dan Program Pascasarjana Universitas Islam Asy-Syafi’iyah Jakarta. Ia juga tercatat pernah dipercaya Asisten Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta.
Selain aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, Wahib yang menamatkan pendidikan sarjana hingga doktoral di IAIN Jakarta ini tercatat aktif dalam berbagai lembaga pengkajian Al-Quran. Diantaranya, aktif sebagai pendiri dan pengurus Pusat Studi Al-Quran Jakarta dan Anggota Dewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Jakarta. Bahkan Wahib menjadi Pengasuh Pesantren Bayt Al-Qur’an (Program Pasca Tahfidz Al-Quran).
Di mata kolega maupun mahasiswanya, Wahib dikenal sebagai sosok santri yang alim. Dr. Phil. Syafiq Hasyim MA, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, misalnya, mengenang Wahib sebagai sosok santri yang santun dan alim. Sebagai santri dengan keilmuan mendalam, Mu’thi adalah figur yang berhasil menjadi bagian dari tradisi akademik UIN Jakarta. “Saya yakin sosok beliau adalah sosok teladan bagi kita semua,” kenangnya. (njs)