Dema UIN Jakarta Gelar Silatnas BEM PTKI Se-Indonesia

159Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN OnlineDewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Jakarta menggelar silaturahim nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan DEMA Perguruan Tinggi Keguruan Islam (PTKI) 2017 se-Indonesia, di gedung Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Selasa (2/5/2017). Selain itu, silatnas juga diisi Kuliah Umum Nasional nertema “Peran Mahasiswa Islam dalam Memandang Globalisasi dan Keamanan Nasional“.

Hadir dalam acara ini Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada M.A., Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diwakili oleh Drs. H. Benyamin Davnie selaku Wakil Walikota Tangsel, dan Kapolri yang diwakili oleh Irjen Pol. H. Ike Edwin S.H., M.H., M.M. sebagai pengisi materi inti.

Riyan Hidayat, Ketua DEMA UIN Jakarta, dalam sambutannya mengatakan Silatnas digelar untuk menyatukan semangat para mahasiswa PTKI se-Indonesia dalam merespon berbagai persoalan masyarakat. Menurutnya, respon atas berbagai isu social masyarakat yang diberikan BEM-BEM PTKI se-Indonesia selama ini sudah cukup baik.

Masalahnya, respon disampaikan secara frontal sehingga tidak cukup sistematis, melainkan cenderung memperlihatkan keragaman respon. “Perbedaan-perbedaan inilah yang akan menjadi tantangan bagi kita dalam bersilaturahmi yang tidak membuat kita putus bersilaturahmi dan komunikasi. Kita tetap menjalin komunikasi itu dan tetap menghargai satu sama lain,” ujarnya.

Acara ini mengundang 378 BEM PTKI se-Indonesia dan dihadiri oleh sekitar 54 BEM dari berbagai wilayah. Agenda silatnas ini diadakan selama tiga hari dengan tema Revitalisasi Peran dan Gerakan Mahasiswa Islam dalam Menyikapi Problematika Toleransi dan Prularisme Kebangsaan. (Farah/Dewi Mahmudah/zm)