Dema FDI Gelar Pelatihan Public Speaking

Gd. FDI, BERITA UIN Online— Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dirasat Islamiah (FDI) UIN Jakarta menggelar pelatihan Public Speaking untuk mahasiswa semester enam. Kegiatan yang bertujuan melatih keterampilan dan kemampuan berbicara, presentasi dan komunikasi mahasiswa tersebut, dilaksanakan pada, Senin (10/04), bertempat di Auditorium FDI UIN Jakarta.

Acara yang mengusung tema  Motivasi Pola Pikir dan Komunikasi Menuju Akademisi yang Handal, Berkarakter dan Profesional ini, dibuka secara resmi oleh Dekan FDI Dr Hamka Hasan MA, dan dihadiri segenap sivitas akademika FDI serta mahasiswa yang sekaligus sebagai peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Hamka mengapresiasi kegiatan positif tersebut. Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan itu, mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan berbicara, baik di kalangan kecil maupun khalayak ramai.

“Ikuti pelatihan ini dengan serius, dan semoga mampu meningkatkan kemampuan peserta semua dalam berkomunikasi. Terlepas didalamnya banyak jenis dan metode dalam mengkomunikasikan gagasan, ide dan tanggapan, yang pasti ini merupakan kesempatan langka dan banyak pelajaran penting yang berguna dalam kehidupan manusia,” himbau Hamka.

Ditambahkannya, public speaking juga diajarkan dalam Islam sesuai dengan perintah Allah kepada manusia, yaitu untuk senantiasa berkata baik dan benar.

Hadir sebagai pemateri dan pengajar dalam pelatihan ini, Tubagus Wahyudi, ST, Msi, MCHt, CHI (Master Public Speaking Indonesia), Muhammad Mamduh Nuruddin, S.S.I, CHt, MCHC, M.Pd (Trainer Public Speaking, Motivator dan Hypnotherapist) keduanya merupakan pemateri dari lembaga KAHFI BBC Motivator School, serta tim pengajar lainnya.

Mengawali materinya, Tubagus Wahyudi mengungkapkan urgensi pelatihan ini bagi kehidupan manusia, terutama melihat bahwa manusia merupakan makhluk sosial dan tentunya senantiasa bersosialisasi dengan manusia lainnya.

“Kemana pun dan di mana pun anda berada, anda perlu berbicara. Maka dari itu, ilmu berbicara sangatlah penting”, ungkap Tubagus.

Dari hasil pantauan BERITA UIN Online dilapangan terlihat, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal tersebut, terlihat jelas ketika dalam acara pembukaan, pertanyaan-pertanyaan terus dilontarkan kepada pemateri.

Salah satu peserta pelatihan Intan Fadhilah kepada BERITA UIN mengatakan, dirinya mengaku bersyukur dapat mengikuti pelatihan tersebut. Ia berharap, dengan pelatihan itu, mampu meningkatkan kemampuannya dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan siapa pun.

Public Speaking adalah ilmu  yang sangat jarang didapat di kampus dan institusi pendidikan, padahal ilmu tersebut sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam aspek kehidupan, ilmu tersebut mengajarkan tentang bagaimana cara manusia bersosialisasi dengan baik”, ungkap mahasiswi semester 6 tersebut.

Pelatihan ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua bulan, terhitung mulai dibukanya acara hingga bulan Mei mendatang. Selain itu, Pelatihan public speaking ini merupakan implementasi kerjasama antara KAHFI BBC Motivator School dengan FDI. (lrf/as)