Berikut Jadwal SBMPTN 2017

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing), atau menggunakan komputer (computer based testing).

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing), atau menggunakan komputer (computer based testing).

Humas, BERITA UIN Online— Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing), atau menggunakan komputer (computer based testing). Selain itu, bisa melalui kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.

Hal ini, sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016  tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, dilakukan melalui: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN tahun ini dapat diikuti oleh oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016, dan 2017, dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2015, 2016, dan 2017.

Hal tersebut, sesuai informasi yang diperoleh BERITA UIN dari website resmi SBMPTN, Rabu (25/01). Secara umum, dalam laman tersebut dijelaskan teknis pendaftaran, ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi.

Di lain tempat, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi (DokPub) UIN Jakarta Feni Arifiani MH saat ditemui BERITA UIN menjelaskan, bahwa pendaftaran SBMPTN 2017 seperti biasa dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Adapun  tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 4 April 2017.

“Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) dan dibuka dari tanggal 11 April 2017 pukul 08.00 WIB sampai dengan 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB, dan akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah penuh. Sedangkan ujian tulis CBT dan PBT akan dilaksanakan pada, Selasa 16 Mei 2017, dan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada Rabu atau Kamis, 17 atau 18 Mei 2017,” jelas Feni.

Ditambahkannya, soal yang akan diujikan diantaranya Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika, dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sekadar informasi tambahan, terkait biaya pendaftaran SBMPTN 2017, pendaftar akan dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah), dan dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Apabila pendaftar telah mengikuti seluruh rangkaian seleksi, maka hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Terkait hal ini, untuk informasi resmi mengenai SBMPTN 2017 dapat diakses melalui laman  http://www.sbmptn.ac.id, atau menghubungi call center di nomor 0804 1 456 456. (lrf)