Banjir Peminat, Jalur BLU FU Resmi Ditutup

Gd. FUBERITA UIN Online— Jalur seleksi masuk Fakultas Ushuluddin (FU) melalui beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) kebanjiran peminat dengan total pendaftar 516 orang. Penerimaan masuk juga resmi ditutup per hari Jumat 31 Juli 2015.

Demikian disampaikan Wakil Dekan Bidang Administrasi FU Dr M Suryadinata kepada BERITA UIN Online, Senin (03/08). “Alhamdulillah, jumlah peminat masuk FU cukup tinggi,” ujarnya.

Dosen Bahasa Arab ini menambahkan, ke-516 mahasiswa baru itu terdiri dari 324 orang pendaftar jurusan Tafsir Hadits, 97 orang pendaftar jurusan Aqidah Filsafat, dan 95 orang pendaftar jurusan Perbandingan Agama.

Dari total jumlah peminat, FU hanya akan mengambil 80 calon mahasiswa baru. Kuota 80 mahasiswa baru jalur BLU masing-masing akan masuk ke Jurusan Tafsir Hadits 25 orang, Prodi Perbandingan Agama 28 orang, dan Prodi Aqidah Filsafat 27 orang.

Surya menambahkan, penentuan kelulusan akan dilakukan melalui seleksi ketat yang dilakukan fakultas dan hasilnya diumumkan pada hari Senin 10 Agustus mendatang. “Seleksi yang akan dilaksanakan mencakup seleksi berkas berdasarkan nilai dan prestasi yang pernah dicapai oleh calon mahasiswa,” imbuhnya.

Sebagai catatan, program seleksi ini dikhususkan bagi lulusan Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi dengan tahun kelulusan 2013-2015. Minimal pendaftar memiliki nilai 7 (tujuh) pada setiap bidang pelajaran keagamaan.(Ahmad Baiquni)