Bakti Sosial Manajemen Dakwah Sasar Perkampungan Lebak

159Lebak, BERITA UIN Online- Ingin mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat perdesaan lengkap dengan dinamika dan dproblematika yang mereka hadapi, Himpunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, UIN Jakarta menggelar bakti sosial di Kampung Sinarjaya, Muncang, Lebak, Banten. Bakti sosial yang digelar selama dua minggu (29/07-12/08/2016) menyasar bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, pemberdayaan masyarakat, dan penyuluhan ekonomi.

Tak kurang 50 orang mahasiswa-mahasiswi mengikuti kegiatan baksos tersebut. Selain dari mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah, beberapa diantaranya partisipan dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Jakarta dan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Rombongan bakti sosial sendiri dilepas langsung Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Dr. Suhaimi, M.Si. Kegiatan sendiri terlaksana dengan dukungan lembaga pemerintahan setempat mulai dari Dinas Kesehatan Lebak, Kepolisian Resort Lebak, Kepolisian Sektor Muncang, Dinas Lingkungan Hidup Lebak, Bazda, dan pemerintahan desa wilayah sasaran.

Aktivitas sukarelawan baksos terbilang padat. Dari pagi hingga malam  hari, mereka menggelar aktifitas belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD) Sirna Jaya yang hanya memiliki dua tenaga pengajar. Peserta juga terlibat dalam pemeliharaan masjid, santunan yatim piatu,  penyediaan tong sampah, sosialisasi bidang kesehatan, hingga penyuluhan faham terorisme dan radikalisme. Karena target kegiatan ini adalah seluruh elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, pemuda desa, hingga orangtua.

“Program baksos ini diadakan oleh mahasiswa sebagai agent of change. Jadi dengan kegiatan seperti ini mahasiswa diharapkan bisa memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat karena mahasiswa sendiri merupakan bagian dari masyarakat,” tutur Ali Alatas, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah.

Ditambahkan Ali, mahasiswa semester lima tersebut, tema kegiatan bakti social sendiri adalah Dengan tindakan Nyata, Melangkah Bersama, Merangkul Sesama. Dengan tema ini, kegiatan seperti demikian bisa mengenalkan UIN Jakarta, memperluas jaringan dan kembali mengingatkan jati dari mahasiswa untuk tetap melaksanakan pengabdian masyarakat. “Jadi ini merupakan kegiatan positif yang patut diapresiasi dan dilanjutkan,” pungkas Ali. (Farah NH/ikhda/zm)