Badan POM RI Goes to Campus UIN Jakarta

Ruang Diorama, Berita UIN Online– Dalam rangka memberi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat luas agar terhindar dari penggunaan zat berbahaya pada makanan dan obat-obatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengadakan kegiatan Road Show Goes to Campus UIN Jakarta pada Jum’at (12/6/15).

Kegiatan yang digelar di Ruang Diorama Auditorium Harun Nasution tersebut dibuka Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA. Rektor dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini mampu memberikan pencerahan kepada sivitas akademik UIN Jakarta dan masyarakat tentang zat yang baik atau pun sebaliknya, sehingga masyarakat dapat terhindar dari penggunaan Bahan Berbahaya (BB) yang saat ini banyak beredar di sekitar kita,” ujar Dede.

Penyelenggaraan kegiatan ini di kampus UIN Jakarta, sambung Dede, setidaknya mahasiswa dan dosen mampu mem-forward pesan baik (pencerahan, red.) yang disampaikan oleh BPOM RI kepada masyarakat lingkungannya, sehingga informasi ini dapat tersampaikan ke semua kalangan.

Dede menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal penjajakan kerja sama antara Pusat Laboratorium UIN Jakarta, Program Studi Farmasi Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran (FKIK) UIN Jakarta dengan BPOM RI dalam upaya menghasilkan terobosan dan temuan inovatif yang bersifat edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM RI Budi Djanu Purwanto SH MH mengatakan kegiatan ini merupakan realisasi salah satu poin dari lima poin fungsi BPOM itu sendiri.

“Kita lakukan pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintahan dan masyarakat di bidang pengawasan obat dan makanan,” tandas Budi.

Diketahui, BPOM adalah lembaga pemerintahan non kementerian yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintah di bidang obat dan makanan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (Luthfy RF)