Awas, Modus Penipuan Mengatasnamakan Pimpinan UIN Jakarta

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Akhir-akhir ini marak modus penipuan melalui sms mengatasnamakan pimpinan UIN Jakarta. Salah satu pegawai UIN Jakarta menjadi sasarannya.

“Ketika saya terima sms mengatasnamakan Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi untuk mendampingi beliau, saya hampir percaya,” ujar salah seorang staf rektor di ruang kerjanya, Rabu, (31/5/2016).

Pasalnya dalam penulisan nama, sambungnya, meyakinkan sekali. “Dia menulis titel dengan benar, baik untuk nama Warek I maupun nama calon korban,” terangnya sambil menunjukkan isi sms dari nomor +628567818126 yang berbunyi:

“Assalam. Saya Dr Fadhilah Suralaga MSi, (WR 1 UIN Jakarta). Ada Undangan RakerNas Peningkatan Mutu & Kinerja Tendik Dari Ditjen Pendis Kemenag RI, Kpd Yth: Bpk. Muh. Furqon, MA, Yg Akan Mendampingi Sy. Dgn No. Peserta 09998577, Akan Di Selenggarakan Di Hotel Grand Hilton Bandung, Pada Tgl 6-7 Juni 2016. Hubungi Skrg Sdh Di Tunggu. Mf Skrg Sy Ada Acara Di Luar Kota, Undangannya Bisa Di Ambil Hari Rabu Di Ruangan Sy. Tks.”

Menurutnya, yang membuat yakin lagi Warek I memang ketika itu sedang keluar kota dan meminta untuk mengambil undangan di ruangannya.

“Tapi saya curiga dengan nomor ponsel pengirimnya, bukan nomor Warek I, sementara saya punya nomor ponsel Warek I, saya langsung konfirmasi ke Staff Warek I Rizki Mulyarahman SPsi,” terangnya.

Menurut Rizki, Warek I hanya punya satu nomor ponsel, tidak ada nomor yang lain. Dia sudah mengkonfirmasi ke Warek I dan katanya itu modus penipuan.

“Sebelumnya juga sudah ada korban salah satu pejabat di UIN Jakarta dengan sms seperti itu. Sayangnya dia malah sudah transfer sekira tujuh jutaan, setelah itu baru konfirmasi ke Warek I,” ungkap Rizki.

Menanggapi hal tersebut, Fadhilah mengatakan modus penipuan semacam ini memang harus diwaspadai. Mereka memakai nama Warek I, Warek 2 dan pimpinan lainnya.

“Model pemberitahuannya sangat janggal kan? Masa saya ngomongnya “seformal dan seaneh” itu yah?” tegas Fadhilah melalui WhatsApp, Senin, (30/5/2016).

Fadhilah menghimbau kepada seluruh sivitas akademik UIN Jakarta agar waspada dan konfirmasi bila mendapat info-info serupa.

Untuk mengantisipasi agar tidak ada korban lagi, Fadhilah akan menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh sivitas akademik UIN Jakarta agar tidak percaya modus penipuan mengundang/mengikuti penelitian, pelatihan, seminar, workshop dan lain-lain untuk mentrasfer sejumlah uang dalam nominal tertentu yang mengatas namakan Pimpinan UIN Jakarta/Lembaga. (mf)

Source: UIN Syarif Hidaatullah Jakarta