Altar FITK Siap Garap Potensi Alumni

 

Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Altar) UIN Jakarta saat mengadakan rapat koordinasi di Naqoy Point Center (NPS) Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (17/9). Nanang Qosim Yusuf (kanan berbaju hitam), Ketua Altar periode 2016-2020. (Foto: Nanang Syaikhu)

Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Altar) UIN Jakarta saat mengadakan rapat koordinasi menjelang rapat kerja organisasi di Naqoy Point Center (NPC) di Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (17/9). Nanang Qosim Yusuf (kanan berbaju hitam), Ketua Altar periode 2016-2020. (Foto: Nanang Syaikhu)

Serpong, BERITA UIN Online – Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta atau disingkat Altar siap menggarap potensi para alumnusnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga melalui wadah alumni ini, potensi mereka selain berkembang juga diharapkan dapat membantu kemajuan UIN Jakarta, khususnya FITK.

Hal itu dikatakan Ketua Altar periode 2016-2020 Nanang Qosim Yusuf, MPSi alias Naqoy saat memberi pengarahan di depan para pengurus Altar pada rapat koordinasi menjelang diadakannya Rapat Kerja perdana di markas Altar di Naqoy Point Center (NPC), Buaran, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (17/9). Turut hadir di antaranya Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FITK Dr Fauzan, Wakil Ketua Altar Drs. Nanang Syaikhu, dan Sekjen Altar Siti Nurjanah, S.Ag. Rapat koordinasi juga dihadiri para koordinator dari masing-masing bidang.

Nanang mengatakan, sebagai organisasi alumni yang baru dibentuk, Altar akan berusaha untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan UIN Jakarta dan FITK melalui pemberdayaan alumni yang kini banyak tersebar dan berkiprah di berbagai lapangan profesi. Selain akan melakukan pendataan dan pemberdayan alumni, Altar juga akan menggarap berbagai bidang usaha jasa seperti bimbingan belajar dan pelatihan, baik bagi mahasiswa FITK, guru-guru di lembaga pendidikan, maupun masyarakat umum.

“Altar harus menjadi organisasi besar dan maju. Dengan alumninya yang tersebar dan potensial kami juga optimis dapat mengembangkan usaha-usaha atau kegiatan Altar yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat Islam,” kata mantan marbot Masjid Fathullah UIN Jakarta yang kini berprofesi sebagai motivator terkenal itu.

Naqoy menambahkan, kiprah alumni FITK yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang berprofesi sebagai guru dan dosen maupun bidang profesi lainnya, akan diajak untuk bergabung ke dalam Altar dan membantu melakukan pemberdayaan masyarakat sesuai kapasitas masing-masing. Sebab, selama ini potensi alumni FITK belum tergarap dengan baik mengingat tiadanya wadah yang menggerakkan mereka.

“Nah, melalui wadah alumni Altar ini semoga potensi dan peran mereka di masyarakat dapat tersalurkan dengan baik serta bersama-sama melakukan dakwah bil hal secara konkret lagi,” katanya.

Rapat koordinasi pengurus Altar dilakukan secara sederhana. Rapat di antaranya membahas mengenai konsolidasi internal pengurus serta beberapa agenda kegiatan lain menjelang diadakannya rapat kerja yang akan digelar pada Oktober mendatang.

Pengurus Altar FITK periode 2016-2020 dikukuhkan oleh Dekan FITK Prof Dr Ahmad Thib Raya di Auditorium Harun Nasution pada 30 Agustus 2016 berdasarkan Keputusan Dekan FITK Nomor 31 Tahun 2016 tertanggal 30 Agustus 2016.