Ajak Gabung AIUA, Universiti Sultan Azlan Shah Malaysia Kunjungi UIN Jakarta

Rektor UIN Prof Dr Dede Rosyada MA Jakarta menerima cindera mata dari Chancellor USAS Prof Dr Nordin Kardi usai pertemuan, Kamis (29/9/16).

Rektor UIN Prof Dr Dede Rosyada MA Jakarta menerima cindera mata dari Chancellor USAS Prof Dr Nordin Kardi usai pertemuan, Kamis (29/9/16).

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Dalam rangka melakukan inisiasi dan memperkenalkan Asian Islamic Universities Association (AIUA), delegasi Universiti Sultan Azlan Shah (USAS) Malaysia melakukan kunjungan ke UIN Jakarta pada Kamis, (29/9/16).

Rombongan yang terdiri dari lima dosen USAS itu diterima Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prof Dr Ahmad Thib Raya MA, dan Dekan Fakultas Ushuludin Prof Dr Masri Mansoer MA di ruang rapat rektor Gedung Rektorat lantai 2.

Dalam pertemuan tersebut, Vice Chancellor USAS Prof Dr Nordin Kardi yang menjadi ketua delegasi menyampaikan ketertarikan mereka untuk melakukan inisiasi kerja sama dalam beberapa bidang dengan UIN Jakarta sekaligus memperkenalkan Asian Islamic Universities Association (AIUA).

“Universiti kami (USAS) telah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal dari AIUA. Untuk itu, kami mengajak UIN Jakarta untuk dapat bergabung dengan AIUA,” ujar Nordin.

Selain itu, lanjutnya, USAS mengundang UIN Jakarta untuk menghadiri konferensi yang akan digelar pada 18-20 Oktober 2016 di Perak, Malaysia.

Menanggapi hal tersebut, Dede menyambut positif ajakan USAS. Dia meminta agar rencana kerja sama antar universitas tersebut dapat segera direalisasikan yang diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

“Penandatanganan ini bisa dilakukan bulan depan saat pelaksanaan konferensi,” ujar Dede yang diamini Nordin.

Dede juga menyampaikan, UIN Jakarta mengajak USAS untuk dapat berpartisipasi dalam Program Visiting Professor yang setiap tahun diadakan UIN Jakarta. Diinformasikannya, sebagai bentuk realisasi kerja sama bidang lainnya, UIN Jakarta memiliki jurnal yang sudah terakreditasi internasional yang dapat digunakan untuk publikasi para peneliti USAS.

Nordin sangat gembira atas respons positif dari UIN Jakarta tersebut. Dia juga menyampaikan bahwa USAS telah memiliki jurnal internasional yang dapat dimanfaatkan para peneliti UIN Jakarta.

Diketahui, World Conference on Islamic Thought and Civilization yang akan digelar USAS merupakan konferensi ketiga yang diadakan AIUA. Tema dari konferensi ini adalah Future World yang memiliki sub-sub tema Future World of Higher Knowledge, Climate Change and Humanitarian Issues, Good Governance, Economics and Finance, Media and International Politics, dan Young Generation and Leadership. (mf)