800 MABA Ikuti Kelas Matrikulasi

Gd. PPB, Berita UIN Online—  “Kelas matrikulasi ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya sedikitpun, dengan tujuan agar banyak mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini, sehingga mampu meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris dan Arab. Karena berdasarkan hasil nilai English Proficiency Test (EPT) dan TOAFL mahasiswa baru saat ujian masuk masih relatif kecil”.

Demikian diungkapkan kepala PPB Siti Nurul Azkiyah Ph.D saat ditemui tim Berita UIN di gedung Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta, Rabu (28/10). Ditambahkannya, pada tanggal 2–11 Oktober 2015, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  telah membuka pendaftaran kelas matrikulasi bahasa Inggris dan Arab bagi mahasiswa semester 1, dan waktu pelaksanaannya, mulai 12 Oktober-19 Desember 2015.

Sebagai informasi, kelas matrikulasi telah memasuki gelombang pertama dari tiga gelombang yang direncanakan dan dilaksanakan selama lima minggu, sedangkan lokasi ruang kelas tersebar dibeberapa tempat di kampus dua UIN Jakarta, diantaranya Gedung Pusat Bahasa, Pascasarjana, Fakultas Psikologi, dan Gedung Fakultas Kedokteran.

Sampai hari ini peserta yang mendaftar untuk kelas bahasa arab dan inggris sudah mencapai 800 mahasiswa, hal ini membuktikan antusiasme dan respon mahasiswa cukup membanggakan, sekaligus menunjukkan bahwa  mahasiswa memiliki motivasi tinggi untuk mendalami bahasa Arab dan Inggris, sejalan dan mendukung program UIN Jakarta untuk menggalakkan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar.

Kelas matrikulasi dibimbing langsung oleh para dosen yang memiliki kapabilitas dalam bidang pengajaran bahasa Arab dan Inggris, untuk bahasa arab diantaranya Dr Muhbib Abdul Wahab, Dr Ahmad Dardiri, Dr Ade Asnawi, Dr Ahmad Sekhudin, Mukhshon Nawawi, MA, Drs Syamsul Arifin. Sementara untuk bahasa Inggris, yaitu Atik Yuliani, MA.TESOL, Elve Oktafiyani, M.Hum, Inayatul Chusna, M.Hum, Neneng Sunengsih, M.Pd, Ummi Kultsum, M.Pd. (LRF)