8 Pejabat Eselon IV UIN Jakarta Ikuti Diklatpim

Sejumlah peserta Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan pejabat struktural eselon IV Angkatan ke XXIX foro bersama di kampus Balai Diklat Keagamaan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/7). Mereka berasal dari tiga wilayah, yakni Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Kalimantan Barat. (Foto: Dok Pubdok UIN Jakarta)

Sejumlah peserta Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan pejabat struktural eselon IV Angkatan ke XXIX foro bersama di kampus Balai Diklat Keagamaan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/7). Mereka berasal dari tiga wilayah, yakni Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Kalimantan Barat. (Foto: Dok Pubdok UIN Jakarta)

Rektorat, BERITA UIN Online – Sebanyak delapan pejabat struktural eselon IV setingkat kepala sub bagian di UIN Jakarta mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV Tahun Angkatan ke XXIX di kampus Balai Diklat Keagamaan Kementarian Agama Cakung, Jakarta Timur. Selain dari UIN Jakarta, Diklatpim juga diikuti oleh pejabat struktural yang sama di lingkungan Kementerian Agama di tiga wilayah, yakni Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Kalimantan Barat.

Kedelapan pejabat struktural di UIN Jakarta itu adalah Feni Arifiani MH, Ummu Baroat MM, Efdison SE (ketiganya pejabat di rektorat), Ahmadi MSi (Fakultas Psikologi), Saiful Tasman SE (Fakultas Sains dan Teknologi), Dra Isti’anah Wahid (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Noverleni SE (Fakultas Sains dan Teknologi), dan Amin Jauhari SE (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan).

Kepala Ssub Bagian Publikasi dan Dokumentasi Feni Arifiani kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Senin (1/8), mengatakan, Diklatpim merupakan kegiatan rutin Kementerian Agama yang penyelenggaraannya dilakukan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Diklatpim pejabat struktural eselon IV tersebut akan berlangsung selama sekitar tiga bulan atau sebanyak 893 jam pelajaran yang dimulai pada 18 Juli hingga 1 Nopember 2016.

“Tujuan Diklatpim di antaranya untuk memperkuat capacity bulding tentang manajerial skill dan kepemimpinan dalam menjalankan tugasnya di unit masing-masing,” katanya.

Tujuan lain Diklatpim, menurut Feni, untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemimpinan di instansinya masing-masing.

“Sasaran Diklatpim adalah terwujudnya pegawai negeri sipil (PNS) yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV,” tandasnya.

Feni juga menegaskan, pembekalan bagi para pejabat struktural eselon IV melalui Diklatpim penting dilakukan. Setidaknya para pejabat akan mampu membuat perencanaan dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan suatu intansi, bahkan mampu pula memimpin bawahan serta seluruh stakeholders yang strategis sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Karena itu, melalui pemahaman yang benar dalam sistem kepegawaian dalam lingkungan pemerintahan, setiap proyek dan perencanaan kegiatan juga akan dicapai dengan hasil optimal.

Diklatpim untuk pejabat struktural eselon IV Angkatan ke XXIX dari tiga wilayah tersebut diikuti oleh sebanyak 30 peserta. Mereka berasal dari pejabat di lingkungan kampus perguruan tinggi keagamaan, kementerian agama pusat, dan kantor wilayah kementerian agama tingkat provinsi. (ns)