1.117 Orang Peserta UMPTKIN UIN Jakarta Dinyatakan Lulus

159

UM-PTKIN 2017

Gd. Akademik, BERITA UIN OnlineSebanyak 1.117 orang dinyatakan lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UM-PTKIN) 2017 UIN Jakarta. Peserta yang dinyatakan berhasil lulus UMPTKIN tersebut diterima di 30 program studi (prodi yang ditawarkan) melalui jalur ini.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Ir Yarsi Berlianti MSi kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya Selasa (20/06).

“Berdasarkan hasil seleksi beberapa bulan yang lalu, kita mendapatkan sedikitnya 1.117 orang peserta yang dinyatakan lolos,” ungkap Yarsi.

Ditambahkannya, tahapan berikutnya yang harus dilakukan oleh peserta yang telah dinyatakan lulus tersebut adalah melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 19 Juni sampai dengan 25 Juli 2017.

Diketahui, UIN Jakarta turut menerapkan seleksi masuk mahasiswa baru melalui UM-PTKIN. Ujian ini digunakan pada Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pada jalur ini, peminatan studi dijaring melalui tiga kelompok ujian, yakni Kelompok Ujian IPA, Ujian IPS, dan Ujian Campuran. Untuk kelompok IPA, UIN Jakarta menawarkan tiga jurusan yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia. Sedangkan kelompok IPS, ditawarkan 25 program studi keagamaan seperti Muamalat dan Pendidikan Agama Islam.

Sebagai informasi, ke-1.117 orang peserta yang diterima UIN Jakarta dapat dilihat dengan mengakses laman www.uinjkt.ac.id  atau http://pengumuman.um-ptkin.ac.id. (lrf)